Selasa, 28 Januari 2014

Mengukur Ketepatan Arah Kiblat


By on Selasa, Januari 28, 2014

Alhamdulillah saya panjatkan kepada Allah swt, karena setelah melihat sebuah informasi di salah satu blog [lupa nama blognya] akhirnya saya mencoba dan mencari tahu semua tentang hal itu.

Baiklah supaya tidak penasaran, yang saya maksudkan disini adalah mengukur ketepatan arah kiblat pada sebuah mesjid yang terletak di sekitar Desa Sukasari  Kecamatan, Tunjung Teja, Serang - Banten, yang tak lain kampung tersebut adalah tempat saya dilahirkan dan sekaligus tempat yang begitu bersejarah.

Adapun arah kiblat dipindahkan oleh Allah, silakan bisa baca disini atau disini dan disini. Sebagai referensi sumber bacaan dan sekaligus informasi tambahan bagi pembaca.

Dari pengamatan saya, melalui google maps di atas. Dari ke tujuh masjid tersebut yang yang paling sedikit memiliki kemiringannya (sekian mili) dari garis Merah (di atas) adalah Masjid Kampung Nanggor. Kemudian Masjid Pancur, yaitu kurang ke sebelah utara sedikit, diikuti masjid Kubang, Masjid Kupluk, Masjid Ancol dan masjid Kp. Sukasari. Sedangkan Masjid Kp. Kalong (kebablasan) lebih miring ke Utara dan kurang miring ke selatan.

Garis merah tersebut ialah garis yang langsung ditarik dari ka'bah. sehingga ke tepatannya bisa dikatakan tepat. Berikut ini hasil dari percobaan yang saya lakukan :

mesjid Kp. Ancol









Dari penelusuran yang saya lakukan, sedikitpun tidak ada unsur apapun. Apalagi merasa paling benar sehingga menyalahkan orang lain. Hanya gara-gara salah sedikit dan masalah furuiyah malah dibesar-besarkan.

Mengutip perkataan para Imam : "pendapatku benar, tapi bisa saja salah, dan pendapat mereka mungkin salah, tapi bisa juga benar." Allâhu’alam []


Pemuda Penggerak Desa

Adalah kumpulan para pemuda atau yang merasa memiliki jiwa muda, semangat muda, dan ingin memberikan yang terbaik kepada kampung halamannya. Di sini kami berbagi apa yang bisa kami bagi, meskipun itu sangat kecil bentuknya. Let's Share, Care, and Inspire...

0 komentar:

Posting Komentar