Rabu, 29 Januari 2014

Mari Mengabdi dan Menginspirasi


By on Rabu, Januari 29, 2014

Hai para pembaca yang budiman, kali ini kita akan berkenalan dengan salah satu tokoh yang sangat luar biasa dan banyak menginspirasi. Menguitip salah satu perkataannya ketika berdialog dengan Najwa syihab, "Korupsi ada bukan karena banyak orang jahat, tapi karena orang baik memilih untuk diam.". Untuk lebih jelasnya yuk kita kenalan....

Anies Rasyid Baswedan Ph.D., (lahir di Kuningan, Jawa Barat, 7 Mei 1969; umur 44 tahun). Anies menghabiskan masa kecilnya di Yogyakarta. Jiwa kepemimpinan Anies Baswedan mulai tumbuh sejak kecil. Hal ini terlihat ketika ia berusia 12 tahun, ia membentuk sebuah kelompok anak-anak muda (7-15 tahun) di kampungnya yang diberi nama Klub Anak Berkembang (Kelabang). Saat kecil Anies memiliki hobi membaca buku biografi, terutama biografi kepahlawanan.

Anies Baswedan merupakan cucu dari pejuang nasional, Abdul Rahman Baswedan (AR. Baswedan). Anies Baswedan merupakan anak pertama dari pasangan Rasyid Baswedan dan Aliyah. Rasyid Baswedan merupakan Dosen Fakultas Ekonomi serta pernah menjadi Wakil Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) - Yogyakarta. Sang ibu, Aliyah, juga seorang pengajar dan guru besar di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Saat itu Anies kecil bersekolah di TK Masjid Syuhada. TK ini merupakan salah satu TK bersejarah di Yogyakarta. Menginjak usia enam tahun, Anies masuk ke Sekolah Dasar (SD) Laboratori, Yogyakarta. Ini merupakan salah satu SD terbaik di Yogyakarta. Saat SD itu pula lah Anies pertama kalinya melatih diri untuk berbicara di depan umum.

Saat memasuki kelas 5 dan 6, Anies ditunjuk oleh gurunya untuk berpidato saat acara Idul Adha yang diselenggarakan di sekolah. Itu adalah pertama kalinya ia berpidato di depan orang banyak.

Anies kemudian melanjutkan studinya ke SMP Negeri 5, ini merupakan salah satu SMP unggulan di Yogyakarta. Jiwa sosialnya semakin tertanam di masa ini. Ia didaulat menjadi Ketua Seksi Pengabdian Masyarakat di sekolah.

Selesai mengenyam pendidikan di bangku SMP, Anies melanjutkan sekolah ke SMA Negeri 2 Yogyakarta. Pada masa ini Anies mulai merasakan pentingnya kompetensi di level internasional. Belum genap satu tahun mengenyam bangku SMA, ia sudah didaulat menjadi Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah(OSIS).

Posisi ini membawanya mewakili sekolah untuk mengikuti pelatihan kepemimpinan di Jakarta pada September 1985. Ada 300 delegasi OSIS seluruh Indonesia pada acara tersebut. Pertemuan tersebut menelurkan seorang pemimpin yakni Anies Baswedan. Secara tidak langsung pada saat itu ia adalah Ketua OSIS Se-Indonesia, padahal ia baru menginjak kelas 1 SMA. Posisi ini semakin mengasah jiwa kepemimpinan karena harus memimpin para Ketua OSIS.

Anies Baswedan menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Ekonomi, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Saat kuliah Anies aktif dalam organisasi kemahasiswaan. Setelah lama dibekukan karena kebijakan Orba, organisasi kemahasiswaan akhirnya dibolehkan kembali ada di kampus. Saat itu Anies menjadi Ketua Senat Mahasiswa UGM yang pertama setelah dibekukan dalam jangka waktu yang lama.

Pada 11 Mei 1996 Anies Baswedan menikah dengan Fery Farhati Ganis. Fery mendapat gelar Master Parenting Education dari Nothern Illinois University, USA. Pernikahan mereka dikaruniai empat orang anak yakni Mutiara Annisa, Mikail Azizi, Kaisar Hakam dan Ismail Hakim.

Karier
  • Peneliti Pusat Antar-Universitas Studi Ekonomi UGM
  • Manajer Riset IPC, Inc, Chicago
  • Kemitraan Untuk Reformasi Tata Kelola Pemerintahan
  • Direktur Riset Indonesian Institute Center
  • Rektor Universitas Paramadina
  • Ketua Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar
Pemikiran
  • Melunasi Janji Kemerdekaan
  • Tenun Kebangsaan
  • Pendidikan Sebagai Eskalator Ekonomi
  • Indonesia Mengajar
  • Indonesia Menyala
  • Kelas Inspirasi
  • Kualitas Manusia Indonesia
  • Gerakan Anti Korupsi
  • Tim 8 KPK
  • Ketua Komite Etik KPK
  • Pemahaman Akar Rumput dan Kompetensi Global
Penghargaan
a. Nasional
  1. Harian Rakyat Merdeka menganugerahkan The Golden Awards pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) harian ini yang ke 14 pada Juni 2013. Anies dipilih atas inspirasinya di bidang pendidikan melalui Gerakan Indonesia Mengajar.
  2. Pada Agustus 2013, Anies Baswedan mendapatkan Anugerah Integritas Nasional dari Komunitas Pengusaha Antisuap (Kupas) serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.
  3. Dompet Dhuafa memberikan penghargaan Dompet Dhuafa Award 2013 kepada Anies Baswedan pada Juli 2013.
  4. Anies Baswedan juga menerima penghargaan Tokoh Inspiratif dalam Anugerah Hari Sastra Indonesia. 3 Juli 2013 
b. Internasional
  1. Gerald Maryanov Award. (2004) dari Departemen Ilmu Politik Universitas Northern Illinois.
  2. 100 Intelektual Publik Dunia. Pada (2008) Majalah Foreign Policy.
  3. Young Global Leaders. Februari 2009 yang diberikan oleh World Economic Forum.
  4. 20 Tokoh Pembawa Perubahan Dunia. versi majalah Foresight yang terbit di Jepang.
  5. PASIAD Education Award. The Association of Social and Economic Solidarity with Pacific Countries (PASIAD) tahun 2010. 
  6. Nakasone Yasuhiro Award. Juni 2010.
  7. 500 Muslim Berpengaruh di Dunia. The Royal Islamic Strategic Studies Center, Juli 2010

Dan banyak lagi hal-hal yang menarik dari beliau. Untuk itu silakan buka langsung di web resminya anisbaswedan.com.

Sumber : Wikipedia atau ke anisbaswedan.com

Pemuda Penggerak Desa

Adalah kumpulan para pemuda atau yang merasa memiliki jiwa muda, semangat muda, dan ingin memberikan yang terbaik kepada kampung halamannya. Di sini kami berbagi apa yang bisa kami bagi, meskipun itu sangat kecil bentuknya. Let's Share, Care, and Inspire...